23 Oktober 2012

MUTIARA ____ SHOLAT TAHAJUD


 Al Quran Surat Al Isra' 17:79

ومن الليل فتهجد به نافلة لك عسى أن يبعثك ربك مقاما محمودا

Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأْبُ الصَّالِحِيْنَ قَبْلَكُمْ وَهُوَ قُرْبَةٌ إِلَى رَبِّكُمْ وَمُكَفِّرَةٌ لِلسَّيِّئَاتِ وَمَنْهَاةٌ عَنِ الإِثْمِ
Hendaklah kalian melaksanakan qiyamul lail (shalat malam) karena shalat amalan adalah kebiasaan orang sholih sebelum kalian dan membuat kalian lebih dekat pada Allah. Shalat malam dapat menghapuskan kesalahan dan dosa. ” (Lihat Al Irwa' no. 452. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Allah menyayangi orang yang mengerjakan sholat tahajud.......
bagi orang yang benar-benar yakin dan patuh pada Allah swt maka dia tidak akan berat untuk bangun tengah malam demi menjalankan sholat tahajud.
shalat tahajud adalah amaliyah orang sholeh yang selalu ingin mendekatkan diri kepada Allah swt.

Imam Ar_Ridha berkata : Lakukanlah shalat tahajud __Barang siapa yang melakukan shalat tahajud pada akhir malam sebanyak 8 rakaat dan satu rakaat shalat witir dengan melakukan qunut pada waktu qunut membaca Istighfar 70 kali, maka ia akan di selamatkan dari adzab kubur dan neraka, Allah swt juga akan memanjangkan umurnya dan meluaskan usianya.

Imam Shodiq berkata :____ada seorang bertanya kepada Imam Ali ...tentang sholat tahajud kemudian beliau menjawab.......
  1. Berilah kabar gembira kepada siapa saja yang melaksanakan shalat tahajud selama 10 malam secara ikhlas dengan mengharapakan keridhaan Allah swt Karena Allah akan berkata kepada Malaikatnya "Tulislah bagi hambaku ini kebaikan sebanyak biji-bijian ,daun-daun, dan pohon-pohon yang ditumbuh disungai Nil serta sebanyak bilangan pohon bambu, dahan- dahan serta rumpu-rumputan"
  2. Barang siapa melakukan shalat tahajud selama 9 malam, niscaya Allah akan mengabulkan sepuluh doanya dan memberikan buku catatan amal di tangan kanannya.
  3. Barang siapa melaksanakan shalat tahajud selama 8 malam, maka Allah akan memberikan pahala syahid dan di gabungkan ahlu bait baginda Nabi Muhammad Saw.
  4. Barang siapa melakukan shalat tahajud selama 7 Malam, maka dia akan keluar dari kuburannya pada hari kiamat nanti dengan wajah bagai bulan purnama dan bisa melewati Shirathal Mustaqim
  5. Barang siapa melakukan shalat tahajud selama 6 Malam, maka ia akan dicatat sebagai orang yang bertaubat dan diampuni dosa-dosanya.
  6. Barang siapa melakukan shalat tahajud selama 5 Malam, maka ia akan menemani nabi Ibrahim di kubahnya .
  7. Barang siapa melakukan shalat tahajud selama 4 Malam, maka ia akan menjadi orang yang pertama yang beruntung dan melewati Shirathal Mustaqim seperti angin yang bertiup kencang dan masuk syurga tanpa hisab
  8. Barang siapa melakukan shalat tahajud selama 3 Malam, maka tidak ada satu malaikatpun yang cemburu terhadap kedudukanya disisi Allah, di katakan kepadanya masuklah dari 8 pintu syurga yang mana saja.
Barang siapa melakukan shalat tahajud secara sempurna sambil membaca Al-qur'an saat rukuk dan sujud, serta berdzkir, maka ia akan diberi pahala sebanyak makhluq Allah dan dimulyakan seperti itu, Iapun akan diberi cahaya dalam kuburannya, dosa dan sifat dengkinya akan di cabut dari hatinya, diselamatkan dari adzab kubur dan dibebaskan dari api neraka serta dibangkitkan sebagai orang yang selamat.

Dari perkataan Imam shodiq tersebut, kita dapat mengetahui sebagian hikmah dan keutamaan dalam melaksanakan shalat tahajud.
Kalau menurut saya " banyak orang islam yang tahu dan sadar atas ketinggian kedudukan shalat tahajud tapi sedikit orang yang mampu melakukannya bagi mereka tidur lebih utama dari pada shalat tahajud di keheningan malam. Sesunguhnya banyak orang yang akan berlomba-lomba untuk melakukan shalat tahajud sekiranya mereka bisa merasakan betapa nikmatnya melakukan amalan itu. Subhanallah.

Tidak ada komentar: